Hadits-hadits Renungan

Posted on Updated on

Dan ketahuilah, bahwa sebaik-baik amalan (yang baik) pada Allah adalah dikerjakan dengan tetap (teratur) walaupun dikerjakan sedikit. (HR Bukhari – Muslim).

Dunia itu adalah penjara bagi orang mukmin, dan sebagai surga bagi orang kafir. (HR. Bukhari – Muslim).

Perumpamaan orang mukmin seperti tanaman (pohon) yang senantiasa angin itu mencondongkannya, dan selamanya orang mukmin itu ditimpa bencana. Sedangkan perumpamaan bagi orang munafik seperti pohon kayu yang tidak bisa digoyangkan hingga pohon itu ditebang. (HR. Bukhari – Muslim).

Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah maka akan dijadikan baginya jalan keluar dari segala kesusahan dan diberi-Nya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka. (QS At Thalaq :2-3).

Dan bertamu itu (haknya) tiga hari, barangsiapa melebihi dari itu maka hal itu dimasukkan sedekah (dari tuan rumahnya). (HR. Bukhari – Muslim).

Sesungguhnya Allah itu Maha Indah, Ia menyukai keindahan. Kesombongan itu adalah tidak menerima suatu kebenaran dan menghina orang lain. (HR. Bukhari – Muslim).

Barangsiapa yang ingin rezekinya mudah, atau panjang umurnya, maka hubungilah familinya (keluarganya, sahabatnya). (HR. Bukhari – Muslim).

Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah terhadap seseorang menjadi orang yang baik, niscaya orang itu akan memperdalam agama Islam. (HR. Bukhari – Muslim).

Tidaklah aku tinggalkan sesudahku satu fitnah (bencana) yang lebih bahaya bagi laki-laki dari hal wanita. (HR. Bukhari – Muslim).

Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf dan Mim itu satu huruf. (HR. Tirmidzi).

Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an sesuatu yang jadi penawar, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS Al Isra’ :82).

Sesungguhnya penduduk surga itu saling memandang terhadap kamar-kamar mereka di surga itu seperti kamu memandang bintang di langit. (HR. Bukhari – Muslim).

Sesungguhnya Kami telah memberi kamu nikmat yang banyak. Maka karena itu dirikanlah shalat dan berkurbanlah.
(QS Al Kautsar :1-2).

Dan sebutlah nama Rabbmu sebnyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari. (QS Ali Imran :41).

Sesungguhnya Allah SWT mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkan yang lain dengannya pula. (HR. Muslim).

Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya. (QS Al Mukmin :14).

Sebutlah nama Rabbmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan. (QS Al Muzammil :8).

Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majjah).

Orang yang mengunjungi orang sakit (akan berada) pada kebun buah-buahan di surga hingga orang itu kembali. (HR. Bukhari – Muslim).

Dan ingatlah kepada Rabbmu jika kamu lupa. (QS Al Kahfi :24).

5 thoughts on “Hadits-hadits Renungan

    cobaberbagi said:
    20 Januari 2010 pukul 7:30 AM
    Salman Al-farizi David said:
    10 Oktober 2011 pukul 4:35 PM

    as salamualaikum ana ijin share ya

    aldibudiansyah said:
    22 Januari 2012 pukul 1:59 PM

    assalamu’alaikum, mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s