Tips Merawat Harddisk

Posted on Updated on

Penggunaan Komputer yang terlalu lama tanpa adanya perawatan dari sang pemilik dapat menyebabkan menurunnya kinerja komputer.

Salah satu yang menyebabkan menurunnya kinerja komputer adalah Harddisk. Seperti yang kita ketahui, harddisk adalah perangkat yang mempunyai peranan sangat penting dalam hal penyimpanan data (storage).

Semua data-data penting didalam komputer tersimpan didalam harddisk. Bayangkan jika suatu saat harddisk menjadi rusak dan anda belum sempat melakukan backup. Maka data data penting Anda akan lenyap seketika. Walaupun sudah ada program yang dapat digunakan untuk mengembalikan data yang hilang. Tetapi jika harddisk sudah rusak? mau bagaimana lagi??

Walaupun sudah ada software-software yang bisa mengembalikan data data yang sudah terhapus, tapi alangkah baiknya kalau kita dari awal telah mencegahnya terlebih dahulu sehingga hal demikian tidak akan terjadi. Seperti kata pepatah, Sedia payung sebelum hujan..

Cara-cara yang kita lakukan untuk mencegahnya adalah dengan melakukan perawatan pada harddisk, adapun caranya berikut ini:

1. Install-lah sebuah program antivirus untuk berjaga jaga apabila nantinya ada virus yang menyerang dan merusak data anda. Kalau bisa antivirusnya harus rutin di update.

2. Usahakan untuk selalu melakukan backup data yang penting.

3. Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada badsector didalam harddisk.

4. Selalu lakukan Defragment 2 minggu sekali agar data data didalam harddisk selalu tersusun rapi.

5. Gunakan Software pihak ketiga untuk membersihkan junk file, duplikat file, dan Recycle bin. Anda bisa menggunakan Disc Cleaner atau CCleaner.

6. Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali harddisk kedalam CPU, karena Harddisk sangat sensitif. Jika terkena goncangan, maka data data didalam harddisk terancam hilang.

7. Jangan menyimpan data terlampau banyak. Maksudnya jangan sampai free space di harddisk sampai tinggal beberapa MB. Tapi berilah ruang sedikit agar harddisk tidak terlalu sesak setidaknya sisakan sekitar 30 MB. Apabila anda menggunakan OS Windows biasanya akan muncul warning jika harddisk kita terlampau penuh.

8. Uninstall program program yang tidak berguna agar tidak memberatkan harddisk

9. Pakailah UPS atau Stavolt. Gunanya jika kita menggunakan UPS adalah apabila sewaktu kita sedang menggunakan komputer tiba tiba listrik padam, komputer tidak akan langsung mati. jadi kita bisa menyimpan dulu data kita dan barulah komputer dimatikan. Komputer yang tiba tiba mati tanpa di-shutdown terlebih dahulu akan membuat harddisk cepat rusak.

10. Ventilasi yang cukup. Jangan meletakkan CPU ditempat yang terlalu sesak atau sempit. Karena bisa membuat udara tidak bisa keluar sehingga menyebabkan harddisk menjadi cepat panas. Jadi sebaiknya pilih CPU yang memiliki banyak kipas dan tempatkan ditempat yang agak luas.

Demikian 10 tips singkat merawat harddisk. Semoga setelah membaca tips ini harddisk anda dapat berumur panjang dan tidak mudah rusak.

2 thoughts on “Tips Merawat Harddisk

    devo avidianto p said:
    30 November 2009 pukul 11:57 AM

    salam kenal sobat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s